RESENSI BUKU
Nama Pengarang : Prof. Dr. H. Samsul Nizar, M.Ag
Judul Buku :
Sejarah pendidikan Islam
Bab yang dibahas : XXI BAB
Tahun Terbit : 2007
Tempat Terbit : Jakarta
Tebal Buku :
XXX + 360 Halaman; 23 Halaman
Penerbit :
KENCANA PERDANA MEDIA GROUP
Buku yang dieditori oleh
Prof. Dr. H. Samsul Nizar, M.Ag merupakan kumpulan tulisan tentang sejarah
pendidikan Islam dari beberapa penulis dengan menyelusuri jejak sejarah
pendidikan era Rosulullahbsampai Indonesia. Dalam kata pengantar editor Prof.
Dr. H. Nizar menerangkan quo vadis pendidikan
Islam di Indnesia, menyelusuri sejarah menuju paradigma pendidikan berkualitas.
Dalam pembahasan ini, diterangkan kondisi pendidikan nasional yang serba dengan
kekurangan dan eror direfleksikan
kepada sejarah pendidikan Islam untuk memperbaiki sistem pendidikan nasional ke
arah yang lebih maju.
Pada BAB I ditulis
tentang Profil Rosulullah sebagai Pendidik ideal: telaah pola pendidikan Islam
era Rosulullah fase Makkah dan Madinah yang ditulis oleh Zainal Efendi Hasibuan menerangkan
tentang kondisi politik, sosiokultural pra Islam sampai fase awal Islam dan
bagaimana pendidikan pada zaman Rosulullah mulai dari lembaga pendidikannya,
materi dan kurikulum serta metode pengajaran dan evaluasi era Rosulullah. Rosulullah
sebagai pendidik yang ideal dapat dilihat dari indikator walaupun dengan sarana
dan prasarana yang terbatas dapat menelurkan para intelektual yang berkualitas.
Yang dahulunya bangsa arab masih terkukung dalam kegelapan dan kejahiliahan
melesat ke arah peradaban yang tinggi. Dan metode yang diterapka rosulullah
sangat berfariasi sehingga dapat menghilangkan kejenuhan. Dan yang paling utama
Rosulullah mendidik para sahabat dengan menjadikan dirinya sebagai suri
tauladan. Adapun kurikulum yang dipakai Rosulullah adalah kurikulum berbasis
masyarakat. Hal tersebut dapat dilihat dari pembagian pengajaran era makkah dan
era madinah.
Pada BAB II ditulis
tentang pola pendidikan Islam pada periode Rosulullah mekkah dan madinah
ditulis oleh Kamaruzzaman. Disana diterangkan tentang kondisi sosial kultural makah dan madinah
pada era Rosulullah dan pola yang dilakukan Rosulullah dalam mengajarkan tauhid
kepada para sahabatnya. Kurikulum yang digunakan yaitu berlandaskan Al-Qur’an dan
Al-Hadist.
BAB III tentang pola
pendidikan Islam pada masa
Khulafaurrosyidin ditulis oleh Mhd. Dalpen. Disini diterangkan tentang keadaan
dan sistem pendidikan di zaman Khulafaurrosyidin. Pada zaman Abu bakar, sistem
pendidikannya tidah jauh berbeda dari pendidikan pada masa Rosulullah. Pada
masa Umar pendidikan sudah lebih meningkat dimana para guru sudah diangkat dan
digaji yang diambil dari baitul mall untuk mengajar ke daerah-daerah yang baru
ditaklukan. Pada masa Usman. Pendidikan diserahkan pada rakyat dan sahabat yang
tidak hanya fokus di mMadinah melainkan dikirim ke daerah-daerah lainnya. Pada
masa Ali, pendidikan kurang mendapat perhatian dikarenakan terjadi pergolakan
dan konflik yang menimbulkan kekacauan.
BAB IV pola pendidikan
Islam pada periode dinasti Umayyah yang ditulis oleh Silvianti Candra.
Dieterangkan tentang pembentukan dinasti, kemajuan yang dicapai oleh dinasti
umayyah dan pola pendidikan dan pusat pendidikannya. Pada masa ini berkembang
ilmu-ilmu agama islam dan adanya pembukuan hadist pada zaman Umar Bin Abdul
Aziz.
BAB V pola pendidikan
Islam pada periode dinasti abasiyah yang ditulis oleh Ali Nupiah. Disini
dibahas tentang sejarah berdirinya daulah Abasiyah, sistem politik,
pemerintahan dan bentuk negara serta sistem sosialnya. Pada zaman ini Islam
mencapai punak kejayaan yang dapat dilihat indikatornya yaitu majunya ilmu-ilmu
sains dan tekhnologi. Dan puncak kejayaan tersebut terjadi pada masa Harun
Arrosyid.
BAB VI Pola pendidikan
Islam di Spanyol era awal tinjauan historis filosofis ditulis oleh Samsul
Nizar. Dalam tulisan ini dibahas tentang sejarah awal Islam Spanyol,
perkemabngan Pendidikan dan kebudayaan Spanyol Islam beserta faktor
penunjangnya, dan bias pendidikan spanyol Islam bagi perkembangan dunia modern.
Disini Spanyol diterangkan baha spanyol merupakan pintu atau temapat penghubung
antara dunia Islam dan Eropa. Dari sinilah proses pencerahan Eropa terbentuk.
Dan pada bab-bab yang
selanjutnya diterangkan sejarah pendidikan islam dari pendidikan Islam di
andalusia oleh Yusmanto, lembaga-lembaga pendidikan Islam era awal oleh Mira
Astuti, kurikulum dan pola perkembangan ilmu pengetahuan pada masa klasik
hingga masa keemasan oleh Sondal Pramujaya, transformasi dan kontribusi
intelektual Isla atas dunia barat oleh Farida Syam, madrasah Hizamiyah;
pengaruhnya terhadap perkembangan pendidikan islam dan aktivitas ortodoksi suni
oleh Edi Warman, pendidikan Islam pada era kemunduran oleh Mulyadi Hermanto
Nasution, kehancuran dinasti Abasiyah dan pengaruhnya terhadap pelaksanaan
pendidikan di dunia Islam oleh Roli Yandri, sejarah dan perkembangan arsitektur
Islam dinasti Usmaniyah oleh Samsul Nizar, dinamika sejarah pendidikan
perempuan potert timur tengah dan indonesia era awal oleh Wahyu hikmah,
dikotomi ilmu pengetahuan: akar tumbuhnya dikotomi ilmu dalam peradaban Islam
oleh Yudelasharmi, Muhammad Abduh dan usaha pembaruan pendidikan Islam di Mesir
oleh Yasmansyah, gagasan islamisasi ilmu pengetahuan dan implikasinya dalam
pendidikan oleh Ahmad Syarifin, sejarahdan dinamika lemaga-lembaga pendidikan
islam nusantara oleh Abasri, pola kebijakan pendidikan Islam di Nusantara pada
masa awal samapai sebelum kemerdekaan oleh Maswardi, organisasi sosial
keagamaan dan pendidikan Islam oleh Muhammad Syaifudin, dan yang terahir pola
dan kebijakan pendidikan Islam pada masa awal kemerdekaan sampai pada orde lama
oleh Zulhandra.
Kesimpulan
Melihat dari isi buku
ini, disana diterangkan secara mendalam tentang sejarah pendidikan Islam dari
era Rosulullah hingga Islam di Indonesia pada masa orde lama. Dengan bahasa
penulisan yang apik dan runtut penulis mengajak pembacanya untuk berdiskusi dan
akan kita dapatkan analisis atau riset yang jarang ditemukan.
Dikarenakan buku ini
merupakan kumpulan dari makalah-makalah, pembahasan yang disampaikan kurang
rutut dan sistematis, sehingga agak menyulitkan para pembaca untuk mengikuti alurnya, dan didalamnya terkadang
ada dua pembahasan yang setema disampaikan.
Ditulis oleh:
Nama :Almas Juniar Akbar
NIM :09410190
PAI-A
2 comments:
terima kasih pak infonya :D..
tapi kok link downloadnya gak dikasih tau pak?
link download apa pak....?
untuk artikel ini hanya resensinya aja..
Post a Comment